Setelah sekian lama, wordpress.com akhirnya mengeluarkan panduan wordpress.com resmi. Alamatnya ada di learn.wordpress.com. Berdasarkan informasi yang ada di halaman ini, learn.wordpress.com diperuntukkan untuk orang-orang sebagai berikut:

* Wants to create a blog but isn’t quite sure where to start
* Needs help choosing a blog topic
* Wants to better understand how blogging works
* Is interested in attracting more blog visitors

Kilas balik sejenak. Saat blog panduan.wordpress.com dibuat, seingat saya baru ada fitur FAQ, dokumentasi dan support saja dari wordpress.com. Setelah lahirnya blog ini, kemudian baru muncul forum wordpress.com berbahasa Indonesia (resmi), blog-blog sejenis ini (bukan resmi wp.com), dan wordpress tv (resmi).

Well, dengan adanya learn.wordpress.com, semoga resources untuk belajar tentang wordpress semakin banyak :-) .

Salam ngeblog dari Petamburan.

Baru-baru ini, ada fitur baru dari wordpress.com yang diberi nama custom contact form. Postingan kali ini bisa dibilang lanjutan dari postingan tentang form kontak sebelumnya.

Jika contact form edisi lama dibuat dengan cara mengetikkan kode [ contact-form ] (hilangkan tanda spasi yang ada di kode tersebut) di kotak posting artikel/halaman pada modus html; maka contact form yang bisa dicustom ini lain lagi cara membuatnya.

Berikut adalah tahapannya.

1. Login ke wordpress.com

2. Klik menu Post-Add New (buat tulisan baru).

3. Klik tombol untuk membuat custom contact form. Tombol tersebut dapat dilihat pada gambar berikut (yang diberi kotak warna biru muda).

4. Berikut adalah tampilan menunya. Kita bisa menambah field dengan cara klik add a new field

5. Jika tombol add a new field di klik, tampilannya akan seperti ini. Field baru ini bisa diatur namanya, tipenya dan juga isiannya required atau tidak.

6. Jika required dicontreng, apabila pengunjung yang akan mengontak pemilik blog tidak mengisi field tersebut, pesannya tidak akan diproses.

7. Jenis field yang bisa dipilih meliputi checkbox, dropdown, email, name, radio, text, textarea, dan website.

8. Sebagai tambahan, pesan yang diisi oleh pengunjung blog bisa dikirimkan ke alamat email tertentu (tidak harus email yang digunakan untuk akun wordpress.com). Subjek pesan juga bisa disetting. Hal ini berguna untuk memfilter pesan tersebut agar masuk folder tertentu (yahoomail) atau label tertenu (gmail) di akun email penerima.

Jika sudah selesai, jangan lupa disave (baik menu custom contact form-nya maupun postingannya).

Download tulisan

Membuat Form Kontak yang Fleksibel.pdf

Membuat Form Kontak yang Fleksibel.ps

Semoga bermanfaat. Salam ngeblog dari Petamburan!

 

Update:
link download file tutorial (pdf dan ps) sudah OK. Sebelumnya terjadi error karena ada perubahan domain dimana file tersebut disimpan.

Semakin hari, semakin banyak orang ngeblog. Bermunculan blogger-blogger baru. Sementara di sisi lain, blogger tuwir mulai berguguran karena serangan jejaring sosial dan berbagai macam alasan.

Semakin hari pula, banyak tutorial mengenai cara ngeblog, cara ini, cara itu dan seterrusnya. Sebagian tutorial tersebut ada yang up to date, sebagian sudah basi. Ya, basi. Teknologi memang cepat berubah, dari wordpress tahun 2006 sampai kini wordpress di tahun 2010: interface, menu, fitur dan sebagainya banyak yang berubah.

Well, penulis di panduan.wordpress.com memang bukanlah manusia yang sempurna. Tetapi saya yakin, mereka adalah orang-orang mulia yang berniat berbagi ilmu kepada sesama. Namun demikian, tuntutan kesibukan di tempat lain tentu (mau tak mau) juga harus mereka penuhi.

Untuk itu, sembari menunggu apdetan blog ini, bagi blogger pemula maupun yang sudah berpengalaman, wordpress.com menyediakan forum tempat berbagi mengenai wordpress. Bagi anda pengguna wordpress.com, anda tak perlu registrasi lagi. Selamat berkunjung, selamat berbagi. Silakan klik di halaman ini.

Salam Ngeblog dari Petamburan!

 

Berawal dari keinginan untuk memasyarakatkan wordpress di Indonesia saya mulai membuat blog yang berisi panduan belajar wordpress di cafeblogger.web.id. Tapi seiring waktu, karena dari evaluasi saya memberi panduan dalam bentuk blog membutuhkan banyak waktu dan tenaga, maka kemudian saya mengemasnya dalam bentuk ebook dan dijual di cafebisnis.com.

Sekarang cafebisnis pun sudah mengarah kepada bisnis online dan untuk panduan wordpress sendiri saya kemudian membangun sebuah situs baru yaitu http://wordpress.or.id. Harapannya dengan nama domain yang seperti ini akan banyak yang membantu membangunnya. Tapi sayang, walaupun menu registrasi sudah dibuka dan banyak yang daftar, tapi rata-rata hanya sekedar daftar saja dan tak memberi kontribusi artikel apapun.

Saya tahu di luar sana ada begitu banyak yang ingin tahu bagaimana cara menginstall wordpress dan bagaimana mengelola wordpress. Dan saya juga tahu ada banyak web master yang tahu bagaimana memberi panduan. Tapi mungkin saja belum ada yang bergerak untuk mencoba memulai.

Yah, kita lihat saja bagaimana kisah WordPress Indonesia ini berlanjut. Mungkin karena tidak ada suntikan dana sehingga pengembangan WP Indonesia sangat lambat. Dan untuk sementara biarlah panduan WordPress dijadikan satu dengan cafebisnis hingga ada donatur yang siap mensubsidi proyek pembangunan wordpress versi Indonesia

Sudah lama sekali sejak saya mengupdate blog ini. Terus terang, saya hanyalah penulis tamu disini dan banyak sekali pertanyaan yang belum bisa saya jawab. Dan rupanya memang tidak ada koordinasi yang cukup baik antara para penulis blog ini.

Bahkan blog pentolan alias admin blog inipun, jarang2 mengupdate blognya sendiri.  Ya, mudah-mudahan aja dengan dikasih link gini, jadi terpanggil untuk datang dan mengurusi blog ini. Continue reading ‘Pengelolaan Blog Panduan WordPress’

Berhubung saya lebih suka ngeblog pakai WordPress yang diinstall sendiri, maka jarang saya mengutak-atik blog WordPress.com saya. Tapi tadi pagi saya lagi coba bikin blog track record PKS 2009 – 2014 dan rencana saya halaman informasinya saya buat dalam bentuk sticky alias melekat.

Nah, tulisan melekat ini sangat diperlukan khususnya bila anda memiliki artikel yang sangat penting dan pengunjung harus tahu akan hal itu. Dengan mode melekat (pakai istilah sticky aja ya), maka artikel akan selalu muncul di bagian teratas halaman depan artikel anda. Continue reading ‘Membuat Sticky Post di WordPress.com’

Saat mengelola web penjualan panduan wordpress dan bisnis online, banyak yang mempertanyakan tentang penggunaan wordpress.com sebagai sarana bisnis online. Walaupun wp.com memiliki fungsi yang amat sangat terbatas untuk bisnis online, tapi bukan berarti WP.com tidak bisa dibuat bisnis. Berikut ini sedikit tips yang saya buat setelah membeli domain PR 3 godsoldiers.com

Lalu bagaimana caranya menjadikan wordpress.com sebagai sarana bisnis kita? Continue reading ‘WordPress.com untuk Bisnis Online’

Wah, lama juga saya ndak ikut kontribusi di blog ini. Terus terang saya lupa kalau punya amanah disini. Sejak tidak tinggal di warnet lagi, banyak pengalaman seru saya dapatkan. Mulai coba-coba ikutan adsense sampai menulis sebuah buku tentang Belajar WordPress.

Ada pengalaman seru saat membuat sales letter untuk e-book Panduan WordPress itu. Sengaja saya luangkan banyak waktu untuk mempelajari bagaimana sih cara menulis blog yang efektif. Menulis di blog mungkin bisa dilakukan siapa saja. Tapi tahu ndak ada cara yang sebenarnya mudah saat menulis blog. Justru menulis blog yang tidak efektif itulah yang susah. Continue reading ‘Bagaimana Menulis Blog yang Efektif’

Posting Source Code

Diterbitkan September 10, 2007 Menulis , Tips 109 Komentar

1 <?php
2 echo "Hello World!";
3 ?>

ingin bisa menampilkan tulisan seperti di atas? gampang saja, tinggal tambahkan

…tulis_kode_di_sini…

Kita bisa mengganti jenis bahasa codingnya dengan mengganti “php” dengan bahasa coding yang kita inginkan. Sementara ini sintaks yang di support adalah:

  • cpp
  • csharp
  • css
  • delphi
  • java
  • jscript
  • php
  • python
  • ruby
  • sql
  • vb
  • xml

referensi:
How do i post source code?

Mengatur penulis artikel

Diterbitkan Agustus 5, 2007 Kelola , Menulis 52 Komentar

Beberapa hal sebelum membaca tulisan ini secara lengkap

1. Tulisan ini berkaitan dengan tulisan sebelumnya (tentang Poliblog) dan hanya berlaku pada blog yang dikelola oleh beberapa akun wordpress.

2. Hanya bisa dilakukan oleh admin PoliBlog.

3. Jangan dilakukan untuk tindakan negatif, fitnah dan yang jelek2 :-)

Mulai : Jika di sebuah blog ada beberapa akun pengelola; misalnya Admin, akun 1, akun 2, akun 3 dst. Maka ketika menulis (mengedit) sebuah artikel -sebagai admin- anda dapat mengatur atas nama siapakah tulisan itu akan dipublish. Caranya:

1. Login dengan akun admin

2. Masuk ke menu buat tulisan (create post) atau kelola tulisan (manage post)

3. Lihat sidebar kanan, cari kata-kata Penulis, lalu tekan tanda +. Setelah itu, tinggal atur atas nama siapakah tulisan tersebut dipublish. Selesai :-) .

Screenshoot (dari sebuah blog, dimana saya ikut jadi jongos di sana) Continue reading ‘Mengatur penulis artikel’

Blog di wordpress.com dapat dikelola secara berkelompok seperti blog panduan.wordpress.com ini. Berguna juga jika ingin membuat blog internal perusahaan atau kelompok.

Bagaimana cara menambahkan pengguna?

Dengan posisi sebagai administrator, menu menambahkan pengguna terdapat di dasbor: ‘Pengguna’ / ‘Users’ » ‘Authors & Users’ / ‘Penulis & Pengguna’. Kemudian pada kolom di bawahnya terdapat ‘Add User From Community’ / ‘Tambahkan Pengguna Dari Komunitas’. Sila lanjutkan membaca Mengelola Blog WP dot com Berkelompok..

meMbUaT cOntaCT fOrM

Diterbitkan Juni 11, 2007 Menulis , Tampilan , Tips 149 Komentar

cONtAct Form mErUpaKan salaH satu layanan hampIr tErbaru daRi Wordpess.Com. dengaN meNggunakAn sebuah kode, kita dapAt membUaT contact form InI. apa sih kEuNgguLannya?
<kupiPes>
1. peoPLe CAn send you aN email wiTHOUT YOu Ever PublIcLY disPLaYiNg YouR emaIl address.
2. wHen someone submits a MEssage ThROuGh tHe fOrm, yoU receIVe ThAt meSsage in an emaIl.
3. YOUr email AddRess is neveR shown, And tHe sendeR neveR leArns It (UnLESS yoU rEpLy To the emaIl!).
4. as aN added boNUs, all thE mEssages people senD To YOu through tHe contact foRM ArE fiLteRed ThRough akisMeT. ThAt should Help rEduce the aMount of spam YoU get.
</kuPIPes>
ConTACT foRM inI bisa dibUat baIk dI PostingAn, maupun Di pAge/haLAMan terSeNdiri lHO. cArA memBUatnya, masukkan kode iNi (iLaNgiN TanDA SpAsiNya)

 

[ contact-form ]

DI pOstInganMu, selEsai. TampiLanNYa, bisA dilihaT di sini.
Semoga bermanFAat. insPirasI dArI TUlisaN ini. PengaCak Kata PakaI ToolS ini.
dITulis oleh SigAntEnG luThfI ;-)

Kekuatan PassWord

Diterbitkan Juni 11, 2007 Password 38 Komentar

Ketika kita memutuskan untuk mendaftar akun di wordpress.com, maka kita akan mendapatkan sebuah password yang acak (random) dari wordpress. Untuk selanjutnya, kita bisa mengganti password kita dengan password baru yang mudah kita ingat dan mungkin juga mudah ditebak oleh orang lain ;-) .

Nah untuk itu, kini wordpress.com melengkapi bagian profil kita dengan sebuah tool untuk mengecek kekuatan password yang kita pakai. Kekuatan password yang kita pakai bisa dibedakan menjadi Too Short, Bad, Good, dan Strong. Screenshoot dari tampilannya bisa dilihat sebagai berikut :

Continue reading ‘Kekuatan PassWord’

Penulis : Andaru ‘ndarualqaz’ Krido

Akhirnya saya bisa juga meluangkan waktu untuk sedikit berbagi ilmu di panduan.wordpress ini. Berikut ini ada sedikit tips bagi wp user yang bermasalah dengan bandwidth :) :) :)

Seringkali blogger terhambat kegiatan ngeblognya karena masalah bandwidth, terutama yang ngeblog dengan koneksi internet sendiri. Untuk blogger yang ngenet numpang fasilitas sih tidak apa2. seperti saya ini. Namun ada banyak cara agar anda dapat menghemat bandwidth. Berikut ini salah satu tipsnya.

Continue reading ‘WordPress.com Sidebar 3.0 di firefox’

Menampilkan Mood Anda di WP

Diterbitkan April 20, 2007 Widget 50 Komentar

Bagaimana caranya supaya kita bisa menunjukkan mood/feeling kita ke seluruh orang (via web/blog tentunya) ? Gunakan saja layanan dari moodmil. Apa itu moodmill?

moodmill is a social mood management website. It’s a personal mood management, a log, a quick ‘n easy website for managing and sharing your short logs with your contacts.

http://www.moodmill.com/about/

(silahkan di translate sendiri :D )

Tentunya jika kita ingin menggunakan layanan tersebut kita harus melakukan registrasi. Setelah kita dapat login, untuk mem-posting mood kita, klik menu dashboard.

Nah, untuk menentukan mood kita, tersedia sebuah kotak yang bisa kita geser kanan-kiri sesuai dengan keadaan mood kita. Bila kita sedang in da mood :D geser ke kanan

Contoh hasilnya bisa dilihat disini. Bila ingin di tampilkan di blog (wordpress.com) tinggal tambahkan widget rss dan isi alamat rss feednya sesuai alamat feed moodmill kita, contoh : http://www.moodmill.com/rss/sandynata/.

Hasilnya bisa dilihat di sini.

Bagi anda yang menggunakan wordpress dengan hosting sendiri, install widgets moodmill di blog anda (download di sini), tampilannya akan jadi lebih menarik.

Cara kerja dan panduan asli bisa dilihat disini.

Ingin menjawab komentar tamu secara langsung? Maksudnya dengan menuliskan komentar/tanggapan balik di bagian bawah komentar tamu itu. Seperti ini gambar berikut:

contoh

Continue reading ‘Memanfaat Klik Edit untuk Jawab Komentar’

Iseng-iseng saya coba membuat sendiri form survey yang cepat dan ndak butuh terlalu banyak birokrasi seperti yang pernah diajarkan di blog ini beberapa waktu lalu. Anda hanya tinggal memasukkan pertanyaan yang ingin diajukan beserta pilihan jawabannya. Setelah itu kode HTML untuk 3 buah model akan muncul dan siap di copy paste ke website atau blogmu. Untuk mencobanya silahkan KLIK DISINI Continue reading ‘Pembuat Form Survey GRATIS !!’

Mengelola Preview SNAP

Diterbitkan Maret 29, 2007 Kelola , Tips 33 Komentar

Apa sih SNAP itu?
Pernah lihat yang beginian kan?

Bagi beberapa orang, preview (pratilik) snap sangat membantu untuk melihat tampilan sebuah link URL (Uniform Resource Locator). Namun bagi segolongan pengguna/pengunjung blog anda adalah suatu hal yang cukup meresahkan mengganggu. Bagi pengguna layanan WordPress, SNAP menjadi sebuah fasilitas extra yang tersedia. Artinya dapat digunakan maupun tidak.

Bagaimanakah cara pengaturannya?

Continue reading ‘Mengelola Preview SNAP’

Sebagai blogger pemula seperti saya, pernak-pernik blog atau aksesoris terkadang saya butuhkan. Salah satu aksesoris blog yang relatif baru (bagi saya) adalah menampilkan Pembaca Terakhir/Tamu Terakhir/Recent Readers.

Widget untuk Recent Readers ini bisa didapatkan dari MyBlogLog. Silakan daftar dulu kalau belum punya akun. Sayangnya, widget dari MyBlogLog memakai java script padahal text widget WP.com tidak mengijinkan java script. MyBlogLog sudah menyediakan kode untuk dipasang di WordPress.com sehingga untuk memasangnya kita tidak perlu mengakali kode widget seperti yang dilakukan oleh para blogger dulu sebelum ada kode dari MyBlogLog yang bisa dipasang di Flickr.com, Yahoo!360, MySpace.com dan WordPress.com.

Cara Memasang Recent Readers Widget

  1. Pertamakali, silakan mendaftar di MyBloglog.
  2. Add Site/Blog I Author
  3. Get Widget

Baiklah, saya anggap Anda sudah memiliki akun di MyBloglog. Langkah selanjutnya adalah menambahkan situs/blog ke dalam akun MyBlogLog Anda. Silakan ikuti petunjuk di bawah:

1. Pada Account Tools, klik Add Site/Blog I Author

add-blog.jpg

2. Isi formulir yang ada di sana, lalu klik Add Blog/Site

add-blog1.jpg

3. Pilih platform (www.wordpress.com) lalu klik Click to Add Site/Blog

add-blog2.jpg

4. Selesai.

add-blog3.jpg

Setelah blog ditambahkan ke akun MyBlogLog, mari kita ambil kode widget Recent Readers.

1. Silakan langsung klik visit the widgets page atau klik Go to ”namablog” community. Pada contoh di sini, saya klik Go to ikastaratangerang community.

2. Klik Get This Widget

add-widget-1a.jpg

3. Kopi Kode widget yang muncul

add-widget-2.jpg

4. Silakan buka Dasbor blog Anda di wordpress. Pastikan Anda berada di menu Tampilan dan Widgets

add-widget-3.jpg

5.  Geret sebuah widget teks ke sidebar

add-widget-4.jpg

6. Klik widget teks untuk mem-paste kode widget MBL yang sudah dikopi.

add-widget-5.jpg

7. Paste kode widget MBL yang sudah dikopi dari MBL.

add-widget-6.jpg

8. Klik Simpan Perubahan

add-widget-7.jpg

9. Selesai. Silakan lihat tampilannya dengan membuka blog Anda.

tampilan-widget.jpg

Contoh widget yang dibuat di sini dapat dilihat di Blog Ikastara Tangerang.

Penggunaan JavaScript

Diterbitkan Maret 27, 2007 Tips 106 Komentar

2diggsdiggHarusnya saya kurang layak untuk membicarakan masalah ini. Ok, begini saudara-saudara. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sebuah halaman web tak jauh-jauh dari yang namanya script. Apapun namanya HTML-kah atau JavaScriptkah? Nah, oleh pihak wordpress.com (dengan asumsi gratisan), kita diperkenankan mengotak-atik HTML di blog kita di sekitar area postingan dan sidebar (Text Widgets). Sedangkan untuk penggunaan Javascript amat sangat terlarang di blog wordpress.com (Harommm jiddan).

Kenapa demikian ?

Halaman Berikutnya »


 

About nazzarboy

yessssss.....!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s